Friday, January 7, 2011

MERANCANG RENCANA PEMBELAJARAN INOFATIF DALAM INKUIRI MENGAJAR

Proses pembelajaran merupakan siklus dari tiga tahapan, yaitu plan, do, dan reflection. Ketiga tahapan ini jika dilakukan secara berkelanjutan dan berbentuk spiral dengan ketiga tahapan tersebut sebagai tiang utama, maka kualitas pembelajaran akan meningkat sekaligus kualitas hasil belajar siswa juga akan meningkat. Ketiga tahapan tersebut merupakan siklous yang tidak dapat dipisahkan, perencanaan ditentukan oleh refleksi, refleksi menggunakan data yang dihasilkan dari pelaksanaan, dan pelaksanaan merupakan ekspresi dari perencanaan.

Dalam menyusun rencana pembelajaran, pertama-tama guru akan menentukan tujuan pembelajaran. Berdasarkan tujuan tersebut ditentukan cara mengajar (metode/strategi/ metode/pendekatan/teknik) untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Guru juga menentukan cara menilai keterlaksanaan tujuan pembelajaran. Dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan cara yang dipilih, akan ditentukan media, sumber belajar, alat dan bahan, yang diperlukan.

Seperti yang telah disampaikan dalam tulisan sebelumnya bahwa rencana pembelajaran merupakan disain didaktik hipotetik. Oleh sebab itu, dalam konsep inkuiri mengajar rencana pembelajaran merupakan jawaban sementara dari permasalahan pembelajaran yang telah teridentifikasi. Rumusan masalah umum dari suatu proses pembelajaran dan jawaban sementara yang dituangkan dalam rencana pembelajaran antara lain sebagai berikut.

Permasalahan/Pertanyaan

Rumusan dalam Rencana Pembelajaran

1. Pertanyaan yang terkait dengan hasil belajar

· Hasil belajar apa yang harus dikuasai siswa?

· Apakah hasil belajar ini yang diharapkan oleh SK atau KD di standar isi?

· Apakah ini merupakan hasil belajar yang tepat dan penting?

· Apakah rumusan hasil belajar esensial dan representatif?

Tujuan pembelajaran

2. Pertanyaan yang terkait dengan cara pembelajaran

· Bagaimana cara yang disediakan guru agar siswa menguasai hasil belajar?

· Bagaimana efektifnya cara tersebut?

· Media/sumber/alat-bahan apa yang perlu disediakan

Metode/strategi/model/pendekatan mengajar

Media/sumber/alat bahan yang perlu disiapkan

3. Pertanyaan terkait dengan penilaian

· Bagaimana mengukur hasil belajar siswa?

· Bagaimana teknik yang efektif untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa?

Teknik Penilaian, Instrumen penilaian

4. Pertanyaan terkait dengan pencapaian hasil belajar

· Bagaimana menentukan keberhasilan?

· Apakah semua hasil belajar dicapai oleh semua siswa?

Penentuan pencapaian hasil belajar

Rencana pembelajaran yang disusun guru didasarkan tidak hanya pada standar isi semata (standar kompetensi dan kompetensi dasar) tetapi juga ada variabel lain yang dijadikan pertimbangan. Variabel-variabel yang juga menentukan mutu rencana pembelajaran adalah Data hasil belajar siswa, Refleksi siswa, Refleksi guru, Teori dan filosofi pembelajaran yang dikuasai guru, Konteks kurikulum, Temuan IPTEK terkini yang diketahui guru, Isu saat ini, Kondisi siswa, Kondisi sekolah. Dari 9 variabel di atas paling tidak ada tiga variable yang penting dan paling menentukan kualitas rencana pembelajaran, yaitu data hasil belajar siswa, refleksi siswa, dan refleksi guru.

Dalam inkuiri mengajar data hasil belajar siswa, refleksi siswa, dan refleksi guru yang dikumpulkan selama proses pembelajaran, akan dianalisis untuk menjawab hipotesis. Sebagai contoh, jika hasil belajar dicapai oleh siswa secara optimal berarti rencana pembelajaran yang telah dirancang dan diterapkan merupakan cara yang tepat dalam mengajar. Sebaliknya, jika hasil belajar tidak optimal berarti rencana pembelajaran perlu diperbaiki. Jadi, data hasil belajar siswa, refleksi siswa, dan refleksi guru variabel utama yang menentukan perkembangan kualitas pembelajaran.

Data untuk menjawab pertanyaan/hipotesis dalam rencana pembelajaran bukan hanya hasil belajar siswa, tetapi juga refleksi guru dan refleksi siswa. Rencana pembelajaran sebenarnya berisikan prediksi guru terhadap situasi pembelajaran. Sebagai contoh, pada rencana pembelajaran guru merencanakan mendemonstrasikan perilaku bernapas ikan di air yang diberi deterjen dengan konsentrasi yang semakin meningkat. Dari demonstrasi ini diharapkan siswa dapat menyusun pernyataan bahwa respirasi ikan akan meningkat berkaitan dengan peningkatan konsentrasi deterjen. Pada saat demonstrasi ini diterapkan dalam pembelajaran, terdapat tiga kemungkinan kejadian; respons siswa sesuai prediksi guru, sebagaian sesuai, atau tidak ada satupun siswa yang sesuai prediksi guru. Situasi seperti ini tentu perlu dicatat guru untuk dua kepentingan. Kepentingan pertama adalah untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan perubahan strategi dalam pembelajaran; kedua, dijadikan bahan refleksi untuk perbaikan rencana pembelajaran yang akan digunakan selanjutnya. Oleh sebab itu sebuah rencana pembelajaran yang pada dasarnya berisikan prediksi guru, menuntut guru untuk mengidentifikasi kemungkinan respons siswa sehingga guru dapat mengambil tindakan secara cepat dan tepat.

1 comment:

Unknown said...

Permisi
Dengan perkembangan TIK yang tidak pernah berhenti, mari kita bangun kreatifitas tanpa batas. Kunjungi di http://pcahyono.blogspot.com/